ANTHROPOLOGICAL STUDY IN THE CALABAI PEREMPUAN DALAM TUBUH LELAKI NOVEL BY PEPI AL-BAYQUNIE

  • Irma Yangsari Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Rahmawati Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Puspitasari Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: novel, antropologi, sastra, upacara, bissu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai budaya komunitas bissu dan bentuk penyelenggaraan upacara-upacara bissu dalam lingkup antropologi sastra pada novel Calabai Perempuan Dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie. Mengangkat realitas suku bugis terutama komunitas bissu yang mengandung nilai- nilai kebudayaan yang dapat digali dengan melihat pola-pola kemounitas bissu dalam mempertahankan eksistensi bissu. Antropologi sastra memahami karya sastra dalam kaitan kebudayaan dengan mengangkat keberagaman budaya secara lebih bermakna Penelitian ini memfokuskan pada Kajian Antropologi Sastra Dalam Novel Calabai Perempuan Dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie. Dalam penelitian kajian antropologi sastra terkait dalam nilai-nilai kebudayaan yang merupakan nilai budaya manusia dengan Tuhan, nilai budaya manusia dengan alam dan nilai budaya manusia dengan manusia serta nilai yang terkandung dalam bentuk penyelenggaraan upacara-upacara komunitas bissu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dekriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa Bissu merupakan tokoh spiritual yang dianggap sakral oleh masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan (Sulsel) sejak zaman kerajaan. Mereka dianggap sebagai sosok suci yang dapat menghubungkan manusia dengan dewa. Kesimpulan penelitian ini adalah nilai budaya komunitas bissu yang tercermin dalam novel Calabai, Perempuan dalam Tubuh Lelaki karya Pepi Al-Bayqunie yaitu nilai budaya komunitas bissu yang menggambarkan hubungan manusia dengan tuhan, nilai budaya komunitas bissu yang menggambarkan hubungan manusia dengan alam dan nilai budaya komunitas bissu yang menggambarkan hubungan manusia dengan manusia serta bentuk penyelenggaraan upacara-upacara bissu ada tiga yang terdapat pada novel Calabai Perempuan Dalam Tubuh Lelaki Karya Pepi Al-Bayqunie yaitu upacara irebba, upacara mappalili dan upacara tauriolong.

References

Al-Bayqunie, Pepi. 2016. Calabai Perempuan Dalam Tubuh Lelaki. Tangerang Selatan: Javanica.
Endraswara, Suwardi. 2013.Teori Kritik Sastra Prinsip, Falsafah, Dan Penerapan. Yogyakarta:CAPS.
Endraswara, Suwardi. 2018. Antropologi Sastra Lisan: Persprektif, Teori, Dan Praktik Pengajian. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maleong, Lexi J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sehandi, Yohanes.2018. Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-30