Model Pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Muslim Indonesia (Penerapan Naẓariyah Al-Furū’ Dan Naẓariyah Al-Wihdah)
Abstract
Bahasa Arab merupakan mata kuliah wajib yang diajarkan di Universitas Muslim Indonesia, Pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di UMI ada dua yaitu Nazariyah al Furu’ yang digunakan pada Fakultas Sastra Jurusan bahasa dan Sastra Arab dan Fakultas Agama Islam Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, dan Nazariyah al Wihdah ‘ sebagai model pembelajarn penyertaan digunakan pada jurusan selain kedua fakultas tersebut. Realitas penerapan kedua teori tersebut, hasilnya kurang memuaskan, dalam artian hasil proses belajar mengajar seringkali memberikan hasil yang tidak maksimal sebagaimana ouput yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mendeksripsikan efekttifitas model pembelajaran bahasa Arab (Nazariyah al Furu’ dan Nazariyah al Wihdah) di Universitas Muslim Indonesia sebagai mata kuliah yang wajib bagi seluruh mahasiswa UMI tidak hanya pada jurusan bahasa dan Sastra Arab fakultas Sastra dan Jurusan pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam UMI. Selain itu, mengungkap faktor-faktor yang menjadi problematika dalam penerapan model tersebut dan mencari solusi strategis untuk pencapaian kualitas pembelajaran bahasa Arab. Model pembelajaran bahasa Arab ditekankan pada model komunikatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab dan mengoptimalkan metodologis pembelajaran bahasa Arab yang efektif , maka yang dilakukan pertama adalah sosialisasi dan diskusi. Steelah itu, menyusun strategi dengan melaksanakan workshop, menghadirkan dosen bahasa Arab sebelum memasuki tahun ajaran baru untuk membangun persepsi dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian menyusun modul pembelajaran bahasa Arab yang berisi materi, sistimatika pembelajaran, alat dan metoda sesuai kebutuhan peserta didik (mahasiswa)
References
Al-Qur’anul Karim
Ahmad, Muhammad ’Abd. Al-Qadir.1979.
Ṭuruq Ta’līm al-Lughah alArabiyyah. Cet.I; Kairo : Maktabah al-Nadwah.
Ahmad, Rusydi, et.el.eds. Ta’lim al-‘Arabiyyah. Gairi al-Nathiqīn Bihā.
Makalah disampaikan pada National Training Programme For Arabic Language Teachers To Non-Arabic Speaker, Singapore, tanggal 21-25 Juni 2007, dilaksanakan Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) kerjasama World Islamic Call Society (WICS dan Muslim Missionary Society Singapore (Jamiyah).
Ali Atabik & Zuhdi Ahmad Muhlor. 1996. Kamus Kontemporer Arab Indonesia. Yogyakarta: Yayasan Ali Maskur.
Arsyad,Azhar.1997. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya . Makassar: IAIN.
-------------------- 1998. Madkhal ila Ṭuruq Ta’lim al-Lugah al-Arabiyyah li Mudarris al-Lughah al-Arabiyyah. Ujung Pandang: Ahkam.
A.W.Munawwir.1997. Kamus alMunawwar Arab Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 1977. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam/IAIN. Jakarta : Proyek Pembangunan Sistem Pendidikan Agama.
Departemen Agama RI. 20016. UndangUndang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan (Jakarta: Depag RI. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam. 1994.
Ensiklopedi Islam. Cet. III Jakartra: PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
Dewi, Yelfi.S. 2007. “Teori Pembelajaran bahasa Arab dan Hubungannya dengan Hasil Belajar (Studi Pada Perguruan Tinggi Diniyah Puteri padang panjang)”. Tesis tidak diterbitkan, Jakarta.
Dimyati dan Moedjiono.1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direkrorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen
Agama RI, 1985. Islam Disiplin Ilmu Bahasa Buku Daras Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi. Jakarta: CV. Wirabuana.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.2002. Strategi Belajar Mengajar. Cet.II; Jakarta : Rineka Cipta.
Fiddarain, Saidun. Metode Pembelajaran Bahasa Arab Makalah.. http://www.kampusislam.com/index (26 Juli 2010).
Al Gazali, Imām Abū Ḥāmid,t.th. Ihyā ʽUlum al-Dīn. Juz I; Beirut: Dār alMaʽrifah. al-Gulayaini, Mustafa. 1992. Jami al-Durūs al-‘Arabiyah. Jilid. I. Diterjemahkan oleh Muh Zuhri et. al., eds., dengan judul Pelajaran Bahasa Arab Lengkap. Cet. I; Semarang: Al Syifa.
al-Hadidi, Ali. t.t.h Musykilah Ta’lim alLugah al-’Arabiyyah li Ghair alArabī. Kairo; Dār al Kaatib al Arabiy.
al-Hafid, Radhi.1993. Pengembangan Materi dan Metode Pengajaran Bahasa Arab. Ujungpandang: Berkah Utama.
Hamdani, Deny. Hakikat Bahasa Arab dan Aplikasinya. Jurnal. http//wwdenyhamdani,de.vu (27 Juni 2010)
Henry, Guntur.1991. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung : Angkasa.
al-Husain, Abu dan Ahmad ibn Faris ibn Zakariyah.t.th. Mu’jam Maqayas alLugah. dikaji kembali Abd.Salam Muhammad Harun. Cet. III; Misra: Tirkah Maktabah al-Bābi al-Halabi wa Awlādihi.
Izzan, Ahmad. 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet.II; Bandung: Humainora.
Luzna. Pembelajaran Bahasa Arab Inklusif. Makalah, http://luznadamai.wordpress.com/2010/03/22,(25 juli 2010)
Ma’luf, Louis. 2002. al Munjid fi al-Lugah wa al-Aʽlam. Cet. XXIX; Beirut Libanon:Dar al-Masyriq.
Muda,Ahmad.A.K.2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. tt : Reality Publisher.
Musṭafā, Ibrāhim, dkk. 2004. Muʽjam alWasīṭ. Cet.IV;Kairo : Maktabah alSyurūq al-Dawliyyah.
Nababan, dan Sri Utari Subyakto. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Nasional.
al-Najjar, Ali. Dalam Taufiq Muhammad Syalihin. 1980. Awamil Tanmiyah al Lughah al-‘Arabiyyah . Kairo: Maktabah Wahdah.
Panduan Universitas Muslim Indonesia Tahun Ajaran 2008/2009.
Pateda, Mansur. 1991. Linguistik terapan. Cet. I; Flores:Nusa Indah.
Purwanto, Ngalim.2008. Prinsip-prinsip Teknik Evaluasi Pengajaran. Cet. XIV, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
PUSDIKI. 1994. Menerobos Krisis Mengukir Prestasi. Makassar: UMI..
al-Saman, Mahmud Ali. 1983. al-Taujih fi Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah. Kairo: Dār Maarif.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Cet. III; Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana.1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, Tayar, Yusuf dan Saiful Anwar.1995. Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Tim Penyusun. 1974.Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi Agama IAIN. Jakarta; Departemen Agama RI.
Usman bin Jinny, Abu Al Fath. 1952. AlKhasais. Jilid I. Kairo: Dar Al Kutub
Yunus, Mahmud. 1983. Metodik Khusus Bahasa Arab (Bahasa Al-Qur’an). Jakarta: Hidakarya
Authors who publish with Tamaddun journal agree to the following terms:
1. Authors retain the copyright and grant Tamaddun the right of first publication. The work will be licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0), which permits others to share the work with proper acknowledgment of the authorship and initial publication in this journal.
2. Authors may enter into additional non-exclusive agreements for the distribution of the published version of their work (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), provided that the initial publication in this journal is acknowledged.
3. Authors are encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their personal websites) before and during the submission process. This can lead to productive exchanges and increase the visibility and citation of the published work.