Pengaruh Penggunaan Metode Speed Reading Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa

  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: speed reading method, ability, fast reading

Abstract

This study aims to determine the effect of the speed reading method on the speed reading ability of fifth grade students at SD Negeri 20 Alesipitto, Ma'rang District, Pangkep Regency. The type of research used by researchers is experimental, which means that research is used to look for the effect of certain treatments on others under controlled conditions. The population and sample of this study were all of the fifth grade students at SD Negeri 20 Alesipitto, totaling 11 people, and the sample was all of the fifth grade students at SD Negeri 20 Alesipitto, totaling 11 people. Data was collected using observation and also tests, the data collected was analyzed using pretest and posttest. The results showed that the results of the ability to read fast before being taught using speed reading the level of mastery was in the medium category, after using the speed reading method it reached the high category. So it can be concluded that the speed reading method can be used to improve students' speed reading skills, some of the advantages are that it can activate students during the learning process, attract students' attention and make it easier for students to understand.

ABSTRAK: 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode speed reading terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 20 Alesipitto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu eksperimen, yang artinya penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu populasinya seluruh siswa kelas V SD Negeri 20 Alesipitto yang berjumlah 11 orang, dan sampelnya yaitu keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 20 Alesipitto yang berjumlah 11 orang. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan juga tes, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca cepat sebelum di ajar dengan menggunakan speed reading tingkat penguasaan berada pada kategori sedang, setelah menggunakan metode speed reading mencapai kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa metode speed reading dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa, beberapa keuntungannya yaitu dapat mengaktifkan murid pada saat proses pembelajaran berlangsung, menarik perhatian murid dan mempermudah pemahaman murid.

References

Agustini, Jumaidha. (2019). Pengaruh Speed Learning Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Pontianak: Univerisitas Tanjungpura. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/32164/75676580676. Diakses 12 Februari 2023.
Ahmadi, Ruslam. (2019). Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Citra.
Darmadi, (2018). Membaca Yuk. Bogor: Guepedia.
Hambali. 2018. Materi dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Makassar: Unismuh Makassar.
Hamdani, Ummu Khalsum, & Sri Rahayu. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V Sd Negeri No, 59 Panyangkalang Kabupaten Takalar. Nusantara Hasana Journal, 2(4), 117–125. Retrieved from http://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/518
Rahayu, sri, dkk. (2022). Pengaruh Media Literasi Visual Dalam Menulis Teks Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kecamatan Biring Bulu Kabupaten Gowa. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2710.
Sriindaningsih. (2019). Jurus Epic Happy Membaca. Jawa Timur: Embrio Publisher.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. (2019). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Susilawati, Fransiska. 2018. Makanan Sehat: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Depdiknas.
Mansyur, U., & Mardhiati, A. (2020). Hubungan Sikap Bahasa dan Minat Baca. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 5(2), 95-101.
Yasmin, Zakia. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Speed Reading Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MIS Lamgugor Banda Aceh. https://repository.ar_raniry.ac.id/id/eprint/8860/1/ZAKIA%20YASMIN.pdf.
Published
2023-03-15
How to Cite
Rahayu, S., & Jannah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Speed Reading Terhadap Kemampuan Membaca Cepat Siswa. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i1.295