Nilai Pendidikan dalam Novel Mada Karya Abdullah Wong

  • Ghara Satya Amora Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Agus Sulton Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Eko Hardinanto Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Alfian Setya Nugraha Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
Keywords: novel Mada, moral education, readers, wise

Abstract

This study aims to reveal the values of moral education contained in a novel entitled Mada by Abdullah Wong. Mada's novel tells a travel story about a character named Mada and his friends on a journey to find a book called Gunadarma. In this journey there are many values contained in the story that can be learned for the reader. The research method used in this study used a descriptive qualitative approach, the data collection technique used was a literature study technique with a gradual process of reading, writing, coding and then analyzing it descriptively. The data analysis technique used is a qualitative descriptive analysis technique. This research finds that the values of moral education contained in Mada's novel teach or educate readers to introduce a steadfast, tough, and wise morality awareness in dealing with all kinds of existing realities.

ABSTRAK: 

Penelitian ini memiliki tujuan mengungkapkan nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel berjudul Mada karya Abdullah Wong. Novel Mada bercerita tentang cerita perjalanan tentang tokoh yang bernama Mada dan teman-temannya dalam perjalanan mencari buku yang berjudul gunadarma. Dalam perjalanan ini terdapat banyak nilai-nilai yang terkandung dalam cerita yang dapat dipetik untuk pembaca. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik studi pustaka dengan proses bertahap yakni baca, catat, memberi kode dan selanjutnya dianalsis secara deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel Mada mengajarkan atau mendidik para pembaca untuk mengenalkan kesadaran moralitas yang tabah, tangguh, dan bijaksana dalam menghadapi segala macam kenyataan yang ada.

References

Aini, Adrika Fithrotul. (2017). Religious Harmony Within Ahmadiyah Community: Study of Living Qur’an And the Peace Construction In The Village Of Gondrong Kenanga. Jurnal Al-Albab, 6(2), 215-228.
Aminuddin. (2000). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Damono, Sapardi Djoko. 2002. Pedoman Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Jabrohim (ed). (2012). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Koentjaraningrat. (2000). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Minderop, Albertine. (2011). Metode Karekterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sarwadi. (2004). Sejarah Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gema Media.
Satoto, Soediro dan Zainuddin Fananie (ed). (2000). Sastra: Ideologi Politik dan Kekuasaan. Surakarta: Muhammadiyah University Press
Sukardi. (1997). Nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam dongengan Sulawesi Selatan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembanga Bahasa.
Sulton, Agus. (2021). Teknik Propaganda Ideologi Internasionalisme dalam Novel Rasa Merdika Karya Soemantri. ASAS: Jurnal Sastra, 10(2), 1-18.
Sulton, Agus. (2022). Narasi Sastra, Citra Perempuan Pribumi dan Gerakan Feminis Pra Kemerdekaan. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 5(1), 21-32.
Wong, Abdullah. (2017). Mada. Jombang: Pustaka Tebuireng.
Published
2023-03-15
How to Cite
Amora, G., Sulton, A., Hardinanto, E., & Nugraha, A. (2023). Nilai Pendidikan dalam Novel Mada Karya Abdullah Wong. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 37-44. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i1.303